Efek Doppler

17 Mei 2013
Kategori Materi Pelajaran Fisika
Share this article on :
ikon materi pelajaran

Gelombang suara yang memancar dari sebuah ambulans akan diterima lebih tinggi/rendah frekuensinya jika ambulans tersebut mendekati/menjauhi kita


Efek Doppler, dinamakan mengikuti tokoh fisika, Christian Andreas Doppler, adalah perubahan frekuensi atau panjang gelombang dari sebuah sumber gelombang yang diterima oleh pengamat, jika sumber suara/gelombang tersebut bergerak relatif terhadap pengamat/pendengar. Untuk gelombang yang umum dijumpai, seperti gelombang suara yang menjalar dalam medium udara, perhitungan dari perubahan frekuensi ini, memerlukan kecepatan pengamat dan kecepatan sumber relatif terhadap medium di mana gelombang itu disalurkan.


Efek Doppler total, f, dapat merupakan hasil superposisi dari gerakan sumber dan/atau gerakan pengamat, sesuai dengan rumusan berikut:


rumus efek doppler


di mana


v adalah kecepatan Rambat gelombang
ecepatan sumber gelombang relatif terhadap medium; positif jika pengamat mendekati sumber gelombang/suara adalah kecepatan sumber gelombang relatif terhadap medium; positif jika pengamat mendekati sumber gelombang/suara.
kecepatan pengamat (receiver) relatif terhadap medium; positif jika sumber menjauhi pengamatadalah kecepatan pengamat (receiver) relatif terhadap medium; positif jika sumber menjauhi pengamat.







Share this article on :

Materi pelajaran ini dibaca sebanyak 1029 kali

Baca Juga Berita Lainnya

Pengguna Facebook